Langsung ke konten utama

Unggulan

Cara Menyembuhkan Herpes Bagaimana Langkahnya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Saat ini, belum ada cara menyembuhkan herpes untuk mematikan virusnya secara total dari tubuh dan hanya ada pengobatan untuk mengurangi gejalanya saja. Baca Juga :  Herpes di Bibir Memang Bisa, Yuk Cari Jawabannya! Herpes merupakan jenis penyakit kulit yang bisa menyerang tubuh manusia karena adanya virus herpes simplex. Ada beberapa jenis pada virus tersebut dan juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Selain berbagai macam tipenya, untuk ciri-cirinya yang timbul juga bisa berbeda pula. Virus ini juga bisa sembuh selama kita menjaga daya tahan tubuh. Seperti apa metode penyembuhannya, intip artikel ini. Daftar Isi Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes 1. Obat antivirus oral 2. Obat antivirus topikal 3. Terapi pengobatan alternatif 4. Perawatan mandiri Komplikasi Penyakit Herpes Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Herpes Terdekat Jakarta Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes Jika seseorang masih mengalami tahap yang tidak terlalu parah. Mak

Tips Supaya Penyakit Herpes Cepat Kering

Tips Supaya Penyakit Herpes Cepat Kering

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Bagaimana cara agar herpes cepat kering, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni mengoleskan obat yang dokter resepkan.

Baca Juga : Cara Menghindari dan Mengatasi Herpes

Virus herpes simplex atau dengan nama lainnya HSV merupakan jenis mikroorganisme yang bisa menyerang ke oergan kelamin hingga mulut.

Para penderita bisa terinfeksi tanpa merasakan gejalanya. Meskipun tanpa gejala penderita tetap bisa menularkan ke orang lain.

Di beberapa orang infeksi ini memiliki tanda lepuhan atau luka berisik air di kulit. Selain itu, akan muncul di area mulut, bibir, kelamin, lengan sampai jari.

Tidak hanya itu saja, virus ini bisa menular melalui kontakan seksual dan juga ketika orang lain terkena cairan tubuh si pennderita.

Gejala dan Cara Mencegah Herpes Cepat Kering

Gejala dan tingkat keparahannya bisa bergantung pada kondisi yang di alami. Apabila lepuhan tersebut sudah muncul, pada akhirnya akan pecah dan mengeras. Lalu kemudian, bisa sembuh dengan sendirinya.

Lepuhan ini bisa berkembang selama infeksinya dan terjadi dalam kurun waktu 6 minggu.

Gejala Herpes

Herpes dapat menyebabkan beberapa gejala yang berbeda pada individu yang terinfeksi. Berikut adalah gejala umum yang terkait dengan infeksi herpes:

Luka Dingin (Herpes Labialis)

  • Munculnya lepuh berisi cairan pada bibir, mulut, atau area sekitarnya.
  • Gatal, sensasi terbakar, atau rasa tidak nyaman sebelum munculnya lepuh.
  • Lepuh pecah dan membentuk kerak sebelum sembuh.

Herpes Genital

  • Munculnya lepuh berisi cairan pada area genital, termasuk vagina, penis, atau dubur.
  • Gatal, sensasi terbakar, atau rasa tidak nyaman sebelum munculnya lepuh.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di area panggul.

Herpes Zoster (Cacar Api)

  • Ruam kulit yang terasa gatal dan menyakitkan.
  • Biasanya terjadi pada satu sisi tubuh dan mengikuti jalur saraf tertentu.
  • Sensasi terbakar atau nyeri yang berat sebelum ruam muncul.
  • Gejala flu ringan, seperti demam, sakit kepala, dan juga kelelahan.

Cara Mencegah

Penyakit ini tidak bisa sembuh sepenuhnya, namun ada beberapa langkah yang bisa seseorang lakukan agar herpes cepat kering. Berikut beberapa tips yangn bisa seseorang lakukan, antara lain:

1. Jaga kebersihan dan keringkan area yang terkena herpes

Bersihkan secara lembut dengan air hangat dan sabun ringan, kemudian keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok atau menggaruk lesi herpes.

2. Hindari kontak langsung dengan lesi herpes

Usahakan untuk tidak menyentuh atau menggaruk lesi, karena hal ini dapat memperburuk peradangan dan memperluas penyebaran virus.

3. Terapkan krim atau salep antivirus

Ada beberapa krim atau salep antivirus yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, gatal, dan mempercepat penyembuhan. Jangan sampai salah membeli tanpa adanya resep dari dokter.

4. Hindari memecahkan atau mencabut kerak pada lesi

Kerak yang terbentuk pada lesi herpes adalah bagian dari proses penyembuhan. Memecahkan atau mencabut kerak tersebut dapat menyebabkan infeksi sekunder dan memperlambat penyembuhan.

5. Gunakan kompres dingin

Anda dapat mengompres area yang terkena herpes dengan kain yang dibasahi dengan air dingin untuk meredakan peradangan dan rasa sakit. Hindari penggunaan es langsung pada kulit, karena dapat membakar kulit.

6. Jaga sistem kekebalan tubuh yang sehat

Tubuh yang sehat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat, beristirahat yang cukup, dan mengurangi stres.

7. Hindari faktor pemicu

Beberapa orang melaporkan bahwa stres, paparan sinar matahari berlebihan, atau makanan tertentu dapat memicu serangan herpes.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Mengatasi Herpes Kelamin

Periksa dan Konsultasi di Klinik Herpes Terbaik dan Terpercaya di Jakarta

Klinik untuk penyakit menular seksual dan kelamin terdekat di Jakarta yang berstandar internasional hanya ada Klinik Utama Sentosa yang memiliki alat medis yang lengkap dan canggih.

Lakukan pengobatan dengan konsultasi online secara gratis, bila Anda mempunyai masalah seputar kelamin atau penyakit menular seksual lainnya, supaya bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Memiliki dokter ahli penyakit kelamin dan staf medis profesional yang bisa menangani penyakit Anda secara langsung. Untuk masalah biaya pengobatan tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau.

Klinik Utama Sentosa memiliki lokasi yang strategis, berada di daerah Jakarta, Indonesia. Dan juga sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan serta sangat memprioritaskan setiap pasien.

Selain itu, terdapat fitur layanan konsultasi via WhatsApp yang dapat membantu kamu untuk berkonsultasi secara online dan gratis jika ada pertanyaan seputar penyakit kelamin.

Komentar

Postingan Populer